Peralatan Las Listrik

Langkah persiapan pengelasan dan K3L

  Las Karbit (las acetelyne)

  Jenis Nyala Api Las Acetelyne

  Teknik Pengelasan Las karbid

 

 (1). Pemegang Elektroda (Tang Elektroda)

Tang elektroda harus disekat penuh terhadap arus dan diberi ukuran sedemikian rupa sehingga jika penanganannya benar tidak akan terpanaskan melampaui batas. Dalam memegang elektroda sebaiknya memungkinkan dengan berbagai posisi, misalnya :

tegak lurus, miring dan lurus dengan tang elektroda. Elektroda harus dapat terpegang dengan erat sehingga ketika digunakan tidak mudah goyang.

(2). Kabel pengelasan

Kabel Pengelasan merupakan kabel tembaga yang disekat dengan baik dan penampangnya bertambah besar seiring dengan kekuatan arus dan panjang kabel. Kabel alumunium menuntut penampang yang lebih besar. Sambungan dan penghubung kabel harus disekat baik dan menghasilkan kontak yang kuat/erat dan harus terlindung dari pencederaan mekanis.

(3). Topeng pengelasan

Topeng pelindung, berfungsi melindungi mata, bagian wajah, kepala dan leher dari pancaran busur cahaya (pancaran ultra ungu). Topeng las terdapat nilai bilangan dari 0 s.d. 11 yang menunjukkan tingkat perlindungannya, semakin tinggi semakin gelap dan semakin baik perlindungannnya. Topeng las ada yang menggunakan gagang dan ada yang diikatkan langsung di kepala.

(4). Pakaian Pelindung

Pakaian pelindung, berfungsi melindungi seluruh badan dari bahaya yang ditimbulkan dari pengelasan. Pakaian ini terdiri dari baju kerja (tidak berkancing baju dari logam), sarung tangan, dan jubah kepala. Dalam pengelasan busur cahaya sebaiknya menggunakan sepatu yang tinggi serta tidak mengandung paku.

 

Selengkapnya : PROSEDUR PENGELASAN, PEMATRIAN, PEMOTONGAN DENGAN PANAS DAN PEMANASAN

0 komentar
Share ke Pinterest .





Terkait



.







Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan



Kami

Melayani Desain, Produksi, Pemasangan, dan Perbaikan: