Langkah persiapan pengelasan dan K3L

Sebelum melakukan pengelasan logam ada beberapa langkah yang perlu dilakukan siswa terlebih dulu sebagai persiapan yakni :

a). Membuat rencana kerja yang meliputi jadwal pengelasan, proses pengelasan, alat-alat dan bahan yang diperlukan, urutan pelaksanaan, persiapan pengelasan, perlakuan setelah pengelasan, pengaturan pekerjaan dan lain-lain.

b). Menentukan pengelasan yang akan dikerjakan. Hal ini kaitannya dengan jenis logam dan ketebalan logam.

c). Menentukan posisi pengelasan. Posisi pengelasan yang terbaik dilihat dari sudut kwalitas sambungan dan efisiensi pengelasan adalah posisi datar.

d). Mempersiapkan alat perakit atau alat bantu. Alat ini berfungsi : (a.) memungkinkan pelaksanaan pengelasan posisi datar sebanyak-banyaknya, (b.) menahan terjadinya deformasi bahan, (c.) memperbaiki efisiensi dengan memudahkan pelaksanaan pengelasan atau memungkinkan pengelasan otomatik dalam produksi besar-besaran.

e). Melakukan las ikat dengan mengelas bagian-bagian tertentu untuk mengikat agar obyek las tidak banyak berubah bentuk. Las ikat bersifat sementara.

f). Pembersihan, Pemeriksaaan dan perbaikan alur. Jika sudah dirasa tidak ada perubahan alur lasan maka langkah persiapan dianggap cukup dan dapat dilakukan pengelasan alur dengan metode las yang sudah direncanakan.

2). Las Karbit (las acetelyne)

a). Pengertian Umum Las Karbit 
 
0 komentar
Share ke Pinterest .





Terkait



.







Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan



Kami

Melayani Desain, Produksi, Pemasangan, dan Perbaikan: