Cara Mudah Membuat Kanopi Sendiri

Kanopi adalah struktur yang terbuat dari kayu atau logam, yang biasanya digunakan untuk melindungi area tertentu dari cuaca. Mereka juga dapat digunakan untuk menciptakan area yang nyaman untuk bersantai, berkebun, atau bahkan bermain. Membuat kanopi sendiri adalah proyek yang cukup mudah, dan berikut adalah beberapa langkah yang akan membantu Anda menyelesaikannya.

Langkah pertama adalah memilih lokasi yang tepat untuk kanopi Anda. Pilihlah lokasi yang dapat memberi Anda perlindungan dari sinar matahari dan hujan, serta yang memungkinkan Anda untuk menggali lubang untuk menancapkan tiang kanopi.




Kemudian, Anda harus menentukan jenis kanopi yang akan Anda buat. Ada berbagai jenis kanopi yang tersedia, termasuk kanopi konvensional, kanopi berbentuk persegi, dan kanopi berbentuk segitiga. Pilihlah jenis kanopi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda memilih jenis kanopi, Anda harus menentukan bahan yang akan Anda gunakan. Biasanya, kanopi dibuat dari kayu atau logam. Pilihlah bahan yang kuat dan tahan lama.

Selanjutnya, Anda harus menentukan ukuran kanopi. Ukuran yang ideal akan bervariasi tergantung pada jenis kanopi yang Anda buat. Pastikan Anda memilih ukuran yang cukup untuk menampung kebutuhan Anda.

Kemudian, Anda harus menentukan jumlah tiang kanopi yang Anda butuhkan. Jumlah tiang yang Anda butuhkan akan tergantung pada jenis kanopi yang Anda buat. Pastikan Anda menggali lubang yang cukup dalam untuk menancapkan tiang kanopi.

Setelah Anda menggali lubang, Anda harus menancapkan tiang kanopi. Setelah itu, Anda harus mengikatkan tiang kanopi dengan menggunakan kawat atau kawat baja.

Terakhir, Anda harus memasang kanopi. Pilihlah jenis kanopi yang tepat dan pasangkan pada tiang kanopi. Pastikan kanopi terpasang dengan benar agar dapat melindungi area yang Anda inginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat kanopi sendiri. Membuat kanopi sendiri adalah proyek yang cukup mudah, sehingga Anda dapat menyelesaikannya dengan mudah.

 =====

Hampir setiap rumah terdapat kanopi untuk menahan hujan dan panas, baik itu untuk penutup teras, parkiran mobil atau untuk penutup jemuran.  Anda bisa membuat kanopi sendiri di rumah bermodalkan alat las dengan watt kecil dan gerinda untuk memotong besi.

Dengan membuat kanopi sendiri  tentu saja kita bisa menghemat uang karena kita tidak perlu membayar ongkos tukang las. Akan dijelaskan panduan untuk membuat kanopi minimalis dengan perkiraan biaya kurang dari 1 juta. Semuanya dapat mengerjakannya sendiri asal mau mencoba dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan.

Persiapan

Sebelum membeli bahan disarankan untuk menggambar desain kanopi yang akan dibuat pada kertas dan mengukur dimensinya dahulu.
plan kanopiGambar disamping adalah desain kanopi dan dimensi yang akan saya buat dengan rincian:
A (tiang depan) = 2 meter
B (tiang belakang)=2,2 meter
C (palang untuk penghubung tiang)=3,6 meter
D(palang untuk dudukan atap)=2,5 meter
Dan plat besi kotak dengan ukuran 6x6cm dan 2 buah lubang sebesar 8mm akan di las pada ke bagian bawah empat tiang yang berfungsi sebagai dudukan/pengikat yang nantinya akan di baut menggunakan dynabolt.
 

Bahan

    Besi siku 4x4cm dengan ketebalan 3mm
    Besi hollow 3.5×3.5cm dengan ketebalan 1.3mm
    Plat 3mm
    Plat 1mm
    Atap seng gelombang
    Dynabolt 10×50 mm
    Selft drilling screw (sekrup bor untuk memasang atap)
    Cat epoxy(cat dasar)
    Cat warna
    Thinner

Alat

    Mesin las (saya menggunakan mesin las murah dengan watt 900 cocok untuk proyek rumahan)
    Mesin gerinda dengan mata potong
    Mesin bor(mata bor besi 8mm dan mata bor beton 10mm)
    Penggaris siku
    Pensil besi (untuk menandai besi yang akan dipotong)
    Tang jepit/clamp (opsional)

Cara membuat


    Potong semua besi sesuai dengan ukuran (tiang, palang penghubung tiang dan palang dudukan atap).
    Siapkan dudukan tiang menggunakan plat dengan ketebalan 3mm,dengan ukuran 6×6 cm dan lubangi ke 2 sisinya secara berlawanan menggunakan mata bor besi 8mm (buat 4 buah).
    Las besi dudukan yang telah dilubangi ke 4 tiang.plat 6x6cm

    Potong plat 1mm dengan ukuran sesuai besar ujung besi hollow dan las pada bagian ujung luar besi tersebut (ini untuk mencegah air masuk ke dalam besi yang menyebabkan karat).
    plat tutup

    penutup untuk besi hollow

     
    Sekarang adalah saat nya untuk mendirikan tiang- tiang penyangga. Tentukan posisi dimana tiang akan dipasang,beri tanda dan bor permukaan/ lantai menggunakan mata bor beton 10mm, masukan dynabolt dan pasang besi penyangga (pasang mur tapi jangan terlalu kencang dulu). DSC01367

    Cara memasang tiang yang lain dan memastikan tiang tersebut sejajar dengan tiang pertama adalah dengan mengikat/clamp palang penghubung (yang nantinya akan dipasang di atas tiang-tiang) antara tiang pertama dan tiang yang akan dipasang. clamp sementara

    Bor dan pasang baut pada tiang kedua seperti yang telah dilakukan pada tiang pertama.
    Setelah semua tiang terpasang, pasang palang penghubung ke atas kedua tiang. Sebelum mengelasnya pastikan sudut antara palang penghubung dan tiang siku 90° menggunakan penggaris siku (pada gambar saya menggunakan siku magnet). Ini penting untuk memperoleh hasil yang rapi dan kokoh.

    Lakukan cara yang sama untuk pemasangan palang penghubung kedua.
    Jika seluruh tiang dan palang sudah terpasang dan dilas dengan rapi sekarang saatnya memasang palang untuk dudukan atap.
    Setelah seluruh palang terpasang, kencangkan semua baut-baut  pada tiang (las bila perlu). Selanjutnya kita bisa memasang atap, tapi lebih baik mengecat dulu semua rangka menggunakan cat dasar. Mengecat langsung tanpa menggunakan cat dasar juga bisa, tetapi tidak disarankan karena cat dasar mempunyai daya lekat lebih kuat ke besi. Sehingga cat akan lebih tahan lama dan tidak akan mudah terkelupas nantinya bila menggunakan cat dasar.  DSC01398

    Setelah cat dasar kering, lanjutkan pengecatan menggunakan cat warna. Kemudian barulah pemasangan atap dapat dilakukan. Pada kanopi ini saya menggunakan atap berbahan seng gelombang  dan disekrup menggunakan self drilling screw (sekrup yang terdapat mata bor kecil dibagian ujung-nya). Pasang atap dengan rapi  lalu bor dan kencangkan  menggunakan self drilling screw hingga menembus palang dudukan atap. Bor di beberapa bagian agar atap terpasang dengan kuat dan tidak goyang saat tertiup angin.

Membuat Kanopi dari Besi Hollow Sendiri

Salah satu bagian terpenting dari rumah adalah tersedianya lahan parkir kendaraan biasa kita sebut carport. Untuk melindungi kendaraan yang terparkir agar terhindar dari panas dan hujan, salah satunya adalah dengan menggunakan Kanopi. Untuk melindungi mobil atau halaman rumah dari terpaan angin dan panas terik, bisa dengan membuat kanopi. Salah satunya kita bisa membuat kanopi dari besi hollow sendiri. Bagaimanakah caranya?

Untuk membuat kanopi, sebaiknya Anda ukur terlebih dahulu lahan yang akan diberi penutup kanopi di atasnya sehingga pembuatan kanopi akan tepat guna. Sebagai contohnya, kanopi yang akan dibuat adalah berukuran lebar 3,2 meter dan panjang 5,3 meter. Untuk memulai membuat kanopi, Anda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu berikut ini.

Siapkan Alat

Cara membuat kanopi dari besi hollow membutuhkan alat gerinda dengan mata gerinda potong besi, gerinda biasa, dan mata gerinda potong keramik. Selain itu, juga dibutuhkan bor tangan listrik dengan mata bor besi 12 mm dan mata bor beton 12 mm, las listrik lakoni 120e sebesar 900 watt, penggaris siku, meteran, waterpass, palu, betel, dan spidol untuk penanda.
Siapkan Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan cara membuat kanopi dari besi hollow adalah besi hollow ukuran 4x6 cm dengan panjang 6 meter dan tebal 1,8 mm sebanyak 4 potong, besi hollow 4x4 cm dengan panjang 6 meter dan tebal 1,8 mm sebanyak 4 potong, besi siku kira-kira 50 cm untuk dudukan dynabold ke kanopi, sekrup galvalum dengan panjang 4,5 cm sebanyak 70 buah, dana tap spandek tebal 0,35 mm dengan panjang 6 meter.
Ukur Besi Rangka

Agar kanopi bisa dibuat, langkah pertama untuk cara membuat kanopi dari besi hollow adalah dengan membuat pengukuran awal kanopi. Potonglah besi hollow 4x6 m ukuran 5,2 m sebanyak dua potong, ukuran 3,1 meter sebanyak 2 potong, dan ukuran 2,9 meter sebanyak 2 potong untuk tiang depan. Potonglah besi hollow 4x4 cm sepanjang 5,12 meter sebanyak 2 potong sebagai rusuk di dalam rangka utama dengan panjang 1 meteran sebanyak 12 potong.
Las dan Sambungkan Besi untuk Rangka Utama

Selanjutnya, cara membuat kanopi dari besi hollow adalah dengan mengelas dan menyambungkan rangka utama terlebih dahulu dengan membentuk persegi panjang. Jangan lupa untuk memastikan sudut-sudut siku apakah sudah pas terlebih dahulu. Las dan sambungkan besi 4x4 cm dengan panjang 5,12 cm dan mengukur pembagian lebar secara sama sekitar 1 meteran.

Selanjutnya, Anda bisa mengelas dan menyambungkan vesi 4x4 cm yang telah dipotong dengan ukuran 1 meteran masing-masing sebagai tempat menyekrup atap galvalum ke rangka kanopi. Setelah semuanya dirasa kuat setelah dilas, kanopi bisa dinaikkan. Jangan lupa untuk memotong siku dan memulbangi dengan mata bor 12 mm untuk landasan mengikat baut dynabold ke tembok dan tiang ke lantai.
Naikkan Kanopi dan Buat Tiang Penyangga

Kemudian, naikkan kanopi ke atas. Tandai dan ukur di mana dynabold perlu ditanam. Agar memastikan kanopi terpasang dengan baik, pastikan untuk menyetelnya menggunakan waterpass. Selanjutnya, lubangi tembok dengan mata bor 12 mm dan tanamlah dynabold. Lalu pasang rangka kanopi ke tembok rumah menggunakan baut pada dynabold.

Setelah kanopi terpsang naik, Anda bisa melanjutkan memasang tiang penyangga bagian depan kanopi. Ukur telebih dahulu ketinggian tiang penyangga belakang dan tiang penyangga depan pada kanopi seperti yang Anda inginkan. Lalu baut menggunakan diynabold dan dilas di bagian atas tiang.

Selanjutnya, Anda bisa memasang atap spandek pada kanopi yang telah dipotong sesuai dengan ukuran jadi kanopi. Naikkan atap spandek dan sekrup atap spandek ke rangka kanopi agar tidak lepas. Jika spandek atap telah terpasang, maka kanopi telah siap digunakan.

Itulah cara membuat kanopi dari besi hollow yang mudah untuk diikuti dan dilakukan sendiri. Dengan membuat kanopi sendiri, Anda akan lebih hemat biaya untuk membuat kanopi.

Menghitung Bahan Yang Akan Digunakan

Kedua kita hitung bahan yang diperlukan untuk membuat kerangka kanopinya.

Satu batang baja ringan memiliki panjang 6 m dengan ketebalan bervariasi.
Pembuatan Tiang Kanopi.

Tinggi kanopi yang umumnya adalah 3 sampai 4 m.

Dalam contoh ini kita ibaratkan kanopi yang akan dibuat setinggi 3 m.

Untuk mendapat kekuatan agar dapat menopang bobot atap, biasanya digunakan 2 lapis baja ringan dalam satu tiang.

Karena satu batang baja ringan panjangnya 6 m.

Untuk membuat satu tiang dengan tinggi 3 m hanya diperlukan 1 batang utuk membuat 1 tiang.

Maka jumlah Baja ringan yang kita butuhkan untuk membuat dua tiang di ujung kiri dan kanan adalah 4 batang.
Pembuatan Rangka Atap Kanopi.

Untuk jarak antara baja ringan idealnya adalah 1 m.

Sehingga untuk kanopi dengan lebar 3 m, maka dibutuhkan kurang lebih 4 batang baja ringan yang disusun secara memanjang dan 1 baja ringan yang dibagi dua dan disusun secara menyamping sebagai penahan di dinding rumah.

Kita juga harus memperhitungkan kemiringan kanopi yang digunakan dan lebihkan beberapa cm agar air hujan yang turun dari kanopi tidak terpancar ke halaman rumah.

Jika panjang halaman yang akan ditutup kanopi adalah 5 m maka kita asumsikan panjang baja ringan yang diperkukan untuk atap adalah 5,5 m.

Karena satu batang baja ringan adalah 6 m, maka akan ada sisa 0,5 meter.

Sebaiknya sisa tersebut jangan dibuang namun digunakan sebagai penyambung antara batang tiang.


Perhitungan Jumlah Atap

Ada beberapa jenis atap yang bisa diimplementasikan dalam kanopi baja ringan, diantaranya :
Atap Gogreen

Kelebihannya tidak panas dan tidak berisik, kekurangan tidak tahan lama.

Ukuran tersedia : 0.8 x 1 m sampai 0.8 x 3 m.

Atap Spandek


Tahan lama dan terlihat minimalis, kekurangannya sangat berisik jika hujan dan panas saat terik matahari.

Ukuran tersedia : 1 x 1 m sampai 1 x 3 m
Atap Genteng Metal
atap baja ringan limas

Tidak terlalu berisik terutama yang pasir dan tidak terlalu panas dan ketahanan diantara spandek dan gogreen.

Ukuran tersedia : 0.8 x 0.8 m
Penentuan Jarak Reng

Untuk dapat menentukan jarak reng yang akan dipasang, pastikan dulu jenis atap yang akan digunakan.

Jika atap yang digunakan adalah Spandek atau gogreen, maka jarak antara reng bisa sampai 60 cm.

Namun jika atap yang digunakan adalah genteng metal, maka jarak antara reng hanya 40 cm dan reng yang dibutuhkan juga semakin banyak.

Misalkan yang kita pakai adalah atap spandek, maka jumlah reng yang dibutuhkan adalah 5 batang.

Karena 1 batang reng panjangnya adalah 6 m dan lebar kanopi yang akan dipasang adalah 3 m, maka satu batang reng dapat dibagi 2.

Untuk luas lahan 15 m2 dengan ukuran 3 x 5 m, dapatkan perkiraan total bahan untuk kerangka yang dibutuhkan adalah 7 batang baja ringan dan 5 batang reng.

Sedangkan untuk atap jika menggunakan gogreen perkiraan membutuhkan 8 lembar jika ukurannya 0,8 x 3 m.

Jika menggunakan spandek maka membutuhkan 6 lembar jika ukuran yang digunakan 1 x 3 m.

Dan jika menggunakan genteng metal perkiraan membutuhkan 24 lembar.
Melakukan Survey Harga Bahan

Setelah kita menentukan bahan bahan yang dibutuhkan, selanjutnya kita lakukan survey harga di toko material.

Bandingan terlebih dahulu harga dan kualitas baja ringan di beberapa toko dan pilihlah yang menurut Anda paling baik.

Untuk perkiraan harga baja ringan satu batang antara Rp. 65.000 – Rp. 75.000.

Sedangkan harga reng diantara Rp. 25.000 – Rp. 35.000 per batang.

Untuk atap gogreen adalah sekitar Rp. 25.000 per meter, atap spandek Rp. 60.000 per meter dan genteng metal Rp. 30.000 per lembar.
Membeli Bahan

Dari harga harga yang sudah di survei di berbagai toko material, selanjutnya kita bisa menghitung total biaya yang akan dikeluarkan.

Contoh kita gunakan harga tertinggi dari perkiraan harga diatas.

baja ringan : 7 x 75.000 = Rp. 525.000

reng : 5 x 35.000 = Rp. 175.000

atap gogreen = 8 x (3×25.000) = Rp. 600.000

atap spandek = 6 x (3×60000) = Rp. 1.080.000

atap genteng metal = 24 x 30.000 = Rp. 720.000

Paku dan baut = +- Rp. 200.000

Dengan atap gogreen total biaya untuk bahan adalah Rp. 1.500.000

Untuk atap spandek totalnya Rp. 1.980.000

Dan untuk atap genteng metal Rp. 1.620.000
Melakukan Pemasangan

Kanopi baja ringan dapat kita lakukan pemasangan sendiri.

Namun akan memerlukan waktu yang lama, apalagi bukan dikerjakan oleh orang yang profesional.

Pemasangan dapat juga dilakukan oleh penyedia jasa pemasangan atap baja ringan.

Biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp. 1.000.000 hanya untuk jasa pemasangan.

Jika kita bandingkan, Jasa pemborong pemasangan baja ringan rata-rata memasang tarif Rp. 250.000/m2 untuk atap gogreen / genteng metal dan Rp.300.000/m2 untuk atap spandek.

Perhitungannya :

atap gogreen / genteng metal adalah 15 x 250.000 = Rp.3.750.000

atap spandek adalah 15 x 300.000 = Rp.4.500.000

Terlihat perbedaan biaya yang signifikan antara penggunaan jasa pemborong pembuatan kanopi baja ringan dengan membeli bahan baja ringan sendiri.

Semoga Tips Membangun Kanopi Baja Ringan yang bisa kami sampaikan dapat menjadi referensi bagi Anda yang akan berencana memasang baja ringan sebagai kanopi rumah Anda.

Cara membuat kanopi dari besi hollow itu ternyata tidaklah terlalu rumit. Hanya saja perhatikan dari segi kualitas besi hollow itu sendiri. Rumah yang disertai dengan kanopi memberi kenyamanan lebih bagi para penghuninya. Keberadaannya dapat menjadi lokasi bersantai di sore hari bersama anggota keluarga. Kanopi tersebut bisa dibuat dengan berbagai bahan, termasuk di antaranya kanopi berbahan besi hollow.

Harga besi hollow galvanis itu memang relatif lebih murah, namun perhatikan secara khusus kualitas dan ukurannya. Ukurannya wajib dipertimbangkan agar Anda bisa lebih menghemat budget Anda. Juga, persiapkan segala pekarangan yang Anda butuhkan.

Cara membuat kanopi dari besi hollow tidak memerlukan keahlian khusus. Bahkan, tahapan pembuatannya dapat dilakukan oleh siapa saja. Asalkan, Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan. Kalau mau, Anda pun dapat memanfaatkan keahlian membuat kanopi besi hollow sebagai ladang pekerjaan baru.
Langkah-Langkah Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow

Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat kanopi dari besi hollow secara langsung, berikut ini adalah 5 tahapannya:
1. Pengukuran

Pengukuran dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan bahan. Langkah ini cukup penting agar Anda tidak mengalami kelebihan pembelian, terutama ketika kondisi keuangan terbatas. Semakin besar ukuran kanopi, biaya yang diperlukan juga semakin bertambah. Pada kesempatan ini, asumsikan bahwa Anda ingin membangun kanopi selebar 3,2 meter dan panjang 5,3 meter.
2. Peralatan dan bahan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Peralatan tersebut di antaranya adalah:

    Gerinda yang dilengkapi dengan mata gerinda pemotong besi, pemotong keramik, dan gerinda biasa

    Bor listrik, disertai mata bor besi 12 mm serta mata bor beton 12 mm

    Las listrik 120e 900 watt

    Waterpass

    Meteran

    Spidol

    Palu

    Penggaris siku

    Betel

Selain itu, cara membuat kanopi dari besi hollow juga memerlukan berbagai jenis bahan, di antaranya:

    4 lonjor besi hollow ukuran 4x6 cm dengan panjang 6 meter dan ketebalan 1,8 mm

    4 lonjor besi hollow ukuran 4x4 cm panjang 6 meter dan ketebalan 1,8 mm

    Besi siku seperlunya, dipakai untuk dudukan dynabolt pada kanopi

    70 buah sekrup galvalum ukuran 4,5 cm

    Atap spandek ketebalan 0,35 mm dengan panjang mencapai 6 meter

Baca juga: Cara Memilih Atap Kanopi Bening
3. Pemotongan besi

Setelah semua bahan dan peralatan siap, langkah cara membuat kanopi dari besi hollow berikutnya adalah melakukan pemotongan. Berikut ini adalah daftar ukuran panjang besi yang diperlukan:

    2 potong besi hollow galvanis  4x6 sepanjang 5,2 meter

    2 potong besi hollow galvanis  4x6 sepanjang 3,1 meter

    2 potong besi hollow galvanis  4x6 sepanjang 2,9 meter, dipakai sebagai tiang depan

    2 potong besi hollow galvanis  4x4 dengan panjang 5,12 meter

    12 potong besi hollow 4x4 berukuran 1 meter

4. Pengelasan dan penyambungan

Setelah bahan potongan besi sudah siap, Anda dapat memulai pembuatan rangka utama kanopi memakai potongan besi hollow 4x6. Caranya, terlebih dahulu bentuk persegi panjang. Pastikan bahwa bagian siku setiap sudutnya sudah sesuai.

Kalau rangka utama sudah terbentuk, Anda dapat melanjutkan pengelasan besi hollow 4x4 yang berguna sebagai rusuknya. Cara penempatan rusuk bisa dilakukan dengan membaginya dengan jarak sebesar 1 meter.

Pada tahapan cara membuat kanopi dari besi hollow ini, jangan lupa melakukan pemotongan siku dan melubanginya. Tujuannya adalah sebagai dasar untuk tempat dudukan dynabolt kanopi ke lantai dan tembok.
5. Pemasangan

Langkah cara membuat kanopi dari besi hollow yang terakhir adalah menaikkannya. Anda perlu terlebih dahulu mengukur serta menandai lokasi pemasangan dynabolt. Jangan lupa memakai waterpass untuk memastikan kanopi terpasang dengan baik. Anda dapat melubangi tembok memakai bor 12 mm dan tanam dynabolt.

Kalau kanopi sudah dinaikkan, lakukan pemasangan tiang penyangga depan. Jangan lupa mengukur ketinggian tiang depan dan belakang agar sesuai keinginan. Selanjutnya, pasang rangka ke tembok memakai baut pada dynabolt. Berikutnya, tempatkan tiang depan secara tepat dan jangan lupa memasang dynabolt pada bagian dasar tiang.

Ketika semua sudah siap, Anda tinggal memasang bagian atapnya. Potong spandek sesuai ukuran, dan pasang menggunakan sekrup pada rangka kanopi. Biar terlihat lebih cantik, Anda bisa memilih untuk mengecatnya.

Nah, itulah 5 langkah cara membuat kanopi dari besi hollow. Sangat mudah, bukan? Untuk kebutuhan besi hollow terbaik, Anda bisa mendapatkannya dengan gampang. Belanja saja di mitra jayasteel, dapatkan berbagai UNP besi galvanis, CNP besi galvanis hingga hollow besi galvanis.

Cara Mudah Membuat Kanopi Baja Ringan Sendiri yang Baik dan Benar 

– Sudah umum bagi kita apa itu namanya canopy dan atap kanopi. Saat ini banyak rumah yang memiliki kanopi. Dalam dunia arsitektur, kanopi biasa diartikan sebagai jenis atap yang dibuat untuk melindungi bagian teras atau luar rumah dari terik sinar matahari dan dari hujan. Penggunaan atap baja ringan jenis kanopi saat ini sudah banyak kita temui di depan bagian depan rumah, samping, bahkan belakang rumah. Kanopi memiliki peran yang serupa dengan atap rumah. Banyak jenis kanopi yang dapat disesuaikan dengan beragam konsep bangunan modern saat ini. Untuk rumah minimalis atau rumah modern saat ini. Bukan hanya rumah yang kerap menggunakan kanopi, toko, kantor, pusat belanja, hotel dan lain sebagainya juga sering kita lihat menggunakan kanopi.

Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Sendiri Dengan Mudah
Cara Membuat Kanopi Baja Ringan yang Baik dan Benar
Kanopi Rumah Modern


Fungsi utama kanopi adalah untuk melindungi bagian tertentu dari sinar matahari dan hujan. Beberapa fungsi kanopi lain yang perlu diketahui, yaitu:

    1. Mampu menciptakan suhu udara lebih teduh. Kanopi memiliki kemampuan untuk menyaring dan menyerap udara panas yang langsung dari sinar matahari, Karena itu pancaran silau dan panas yang masuk akan tersaring.
    2. Sebagai pelengkap desain eksteriror. Memasang kanopi bisa sebagai pelengkap desain fasad halaman rumah.
    3. Mempercantik tampilan luar rumah. Penggunaan kanopi sangat berpengaruh pada bagian luar rumah. Dengan adanya kanopi di depan rumah kita lebih aman dan nyaman.
    4. Menghemat material atap. Penghematan material atap penting untuk meminimalisir biaya pembangunan rumah. 

Maka dari itu biasanya bagian depan rumah atau teras lebih baik dan lebih hemat menggunakan kanopi.

Saat ini banyak jasa-jasa yang dapat kita panggil untuk membuat atau memasang kanopi baja ringan. Dan jika kita dapat membuat kanopi sendiri tentunya akan memangkas biaya yang kita keluarkan untuk membuatnya. Cara membuat kanopi baja ringan sendiri dapat kita lakukan dengan memperhatikan beberapa langkah-langkahnya.

Persiapkan alat-alat dan bahan seperti berikut:

    Kaso (sesuaikan dengan ukuran kanopi)
    Reng (sesuaikan dengan ukuran kanopi)
    Baut seng dan baut baja ringan (sesuaikan dengan ukuran kanopi)
    Mata bor listrik
    Mata bor khusus untuk baut baja ringan (nomor 8)
    Baut khusus baja ringan
    Meteran
    Penggaris siku
    Gunting khusus baja ringan
Proses pembuatan kanopi baja ringan:

1. Pembuatan tiang-tiang penyangga
Langkah pertama cara membuat kanopi baja ringan yang baik dan benar adalah dengan membuat tiang-tiang penyangga terlebih dahulu. Dengan catatan dasar dan pondasi sudah kita siapkan sebelumnya. Material yang akan kita gunakan adalah baja ringan kaso. Sesuaikan jumlah tiang dengan kebutuhan serta dimensi kanopi. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketinggian tiang penyangga karena harus bisa menciptakan kemiringan agar air dapat mengalir dengan lancar dari atap kanopi.

2. Pemasangan kaso
Langkah yang kedua adalah pemasangan kaso. Pemasangan kaso dengan jarak 120 cm diantara kaso satu dengan lainnya. Semakin rapat pemasangan kaso maka akan semakin kokoh pula konstruksi kanopi tersebut.

3. Pemasangan atap dan reng
Cara membuat kanopi baja ringan sendiri yang terakhir adalah pemasangan atap dan juga reng. Disini jarak antara reng satu dengan reng lainnya harus kita sesuaikan dengan panjang atap yang akan kita pasang. Jika menggunakan atap seng galvalum sebagai penutup, maka reng yang dipasang sebaiknya 3 buah, yakni untuk bagian ujung, bagian tengah dan satu ujung lainnya.

Inilah beberapa langkah atau cara membuat kanopi baja ringan sendiri yang baik dan benar. Baiklah hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat kanopi baja ringan sendiri yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.




.

0 komentar
Share ke Pinterest .





Terkait



Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan



Kami

Melayani Desain, Produksi, Pemasangan, dan Perbaikan: