Menggunakan Meshes pada program Autocad

 

<0><4><1><0> AutoCAD menyediakan pula objek-objek 3D dengan parameter yang dapat kita atur sendiri. Objek tersebut adalah : box, cone, dish, dome, mesh, pyramid, sphere, torus, dan wedge. Bentuk-bentuk meshes ini terlihat sebagai rangka dan akan terlihat sebagai bentuk yang mempunyai permukaan jika kita ‘hide’, ‘shade’, atau ‘render’. Kita dapat membuat meshes dengan memilih ‘surfaces’ pada Draw menu atau pada Surface Toolbar.

<0><4><1><0>

Gambar Contoh gambar objek dengan meshes

<0><4><1><0> Sumber: AutoCad 2006

- 3dmesh, dengan perintah ini kita dapat membuat polygon meshes yang terbuka pada arah M dan N (M dan N sama dengan arah sumbu X dan Y pada permukaan XY). Aplikasi yang paling sering memakai 3dmesh adalah pemetaan untuk menentukan kontur tanah.
- 3dface, untuk memberikan permukaan pada bidang dengan 3 atau 4 titik.
- Rulesurf(ace), untuk membuat bidang antara 2 objek (seperti terlihat pada gambar). Objek yang dapat dipakai dalam perintah ini adalah lines, points, arcs, circles, ellipses, elliptical arcs, 2D polylines, 3D polylines, dan splines. Pasangan objek yang akan dipergunakan merupakan jalur dari Rulesurf. Keduanya harus samasama tertutup atau terbuka. Untuk point, dapat digabungkan dengan objek terbuka maupun tertutup. Dalam membuat rulesurf, harus memperhatikan pemilihan objek, pemilihan objek yang satu tidak boleh bersilangan dengan pemilihan objek yang lain.

<0><4><1><0>

Gambar Teknik menggambar dengan rulesurf

<0><4><1><0> Sumber: AutoCad 2006

- Tabsurf(ace), untuk membentuk bidang dari objek yang mengikuti vektor pengarah.

<0><4><1><0>

Gambar Teknik menggambar dengan tabsurf

<0><4><1><0> Sumber: AutoCad 2006

<0><4><1><0> contoh obyek rulesurf peilihan pada vektor pengarah peilihan pada vektor pengarah bentuk bidang bentuk bidang hasil tabsurf hasil tabsurf
<0><4><1><0>

<0><4><1><0>
- Edgesurf(ace), untuk membentuk permukaan antara 4 objek yang disebut ‘edge’. Edges dapat berupa lines, arcs, polylines, splines, dan elliptical arcs, yang merupakan rangkaian tertutup dan mempunyai ujung yang sama.

<0><4><1><0>

Gambar Teknik menggambar dengan edgesurf

<0><4><1><0> Sumber: AutoCad 2006

- Revsurf(ace), untuk membuat profil yang melingkar. Revsurf berguna dalam pembuatan objek simetris/silindris yang berputar.

<0><4><1><0>


Gambar Teknik menggambar dengan revsurf

<0><4><1><0> Sumber: AutoCad 2006

<0><4><1><0> pilihan 1 utk batas (edge) surface pilihan 2 utk batas (edge) surface pilihan 3 utk batas (edge) surface pilihan 4 utk batas (edge) surface hasil obyek surface pemilihan obyek dan sumbu (axia) perputaran pemilihan obyek dan sumbu (axia) perputaran perputaran penuh (360) perputaran penuh (360) perputaran tidak penuh (‹ 360) perputaran tidak penuh (‹ 360)

<0><4><1><0>
Untuk mengatur kerapatan surface, digunakan ‘surftab1’ dan ‘surftab2’, yang nilainya dapat kita tentukan sendiri. Nilai yang dianjurkan adalah kurang dari 24, sebab semakin besar nilai yang kita masukkan, maka di samping selain halus permukaan yang dihasilkan, ukuran file juga makin besar.

<0><4><1><0>

Gambar Toolbar untuk menu surface

<0><4><1><0> Sumber: AutoCad 2006
<0><4><1><0>
.

Posting Komentar

Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan



Kami

Melayani Desain, Produksi, Pemasangan, dan Perbaikan: