Peralatan Pematrian : Patri

6). Celah Sambungan Patri
7). Kekuatan Ikatan Patri

 

 a). Tuas patri

Tuas Patri digunakan hanya untuk patrian lunak dan pekerjaan patri kecil yang hanya membutuhkan sedikit energi panas. Pada pematrian dengan tuas patri, wilayah yang dipanaskan kecil sehingga benda kerja hanya mengalami sedikit pengerutan. Tuas patri terbuat dan tembaga (penghantar panas yang baik), mereka tahan panas dan memiliki sifat kontak, yang baik dengan patri timah-timbel serta sedikit kecenderungan oksidasi; paling berat 1 kg. Bergantung pada jenis pekerjaan digunakan tuas patri runcing atau tuas patri martil. Seringkali pasangan tuas dapat ditukar ganti.

Gambar  Kelengkapan tuas solder


b). Pemanas Tuas


Secana tidak largsung dengan pemanas arang kayu, gas, minyak atau listrik. Tuas tidak boleh dipanaskan di dalam api tempa karena belerang arang mengotori tuas. Pemanasan tuas secara langsung diselenggarakan dengan gas (atetilen, pnopan, butan,), bensin atau listrik.

Keuntungan pemanasan langsung: tiada pemutusan pekerjaan, penyiagaan cepat, pekerjaan patri lebih mudah diawasi dan penghangusan anang lebih sedikit,

c). Pembakar Patri


Pembakar patri digunakan untuk pematrian api, terutama jika pemanasan dengan tuas patri tidak memadai dan bidang yang harus dipanasi lebih besar. Pamanasan pembakar dilakukan misalnya dengan api asetilen-udara, api gas propan-udara, api gas penerangan-udara, api asetilen zat asam, api gas penerangan-zat asam. Pasangan pembakar dapat ditukar ganti dan ukuran besarnya praktis dapat disesuaikan dengan tiap kebutuhan panas:

^ Pematrian lunak membutuhkan panas lebih sedikit.

^ Pematrian keras membutuhkan panas lebih banyak.

d). Gas Pembakar untuk pematrian


Gas pembakar untuk tuas patri dan pembakar patri diisikan ke dalam tabung baja yang ukurannya berlainan (gas tabung),

Gambar Tuas Patri Listrik

Gambar Aplikasi Tuas Listrik


sehingga kemungkinan pemindahan pada segala pekerjaan bengkel dan perakitan luar, terjamin dengan baik .

Gambar Pembakar Patri

Selengkapnya : Patri / Pematrian

Selengkapnya : PROSEDUR PENGELASAN, PEMATRIAN, PEMOTONGAN DENGAN PANAS DAN PEMANASAN



.

Posting Komentar

Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan



Kami

Melayani Desain, Produksi, Pemasangan, dan Perbaikan: