Pematrian Lunak Logam Berat

6). Celah Sambungan Patri
7). Kekuatan Ikatan Patri

8). Peralatan Pematrian

 

  a) Pengertian Pematrian Lunak Logam Berat


Pematrian lunak diterapkan apabila jalur sambungan patri harus dikedapkan dengan baik atau tidak harus terlalu pejal dan tidak boleh menderita beban suhu yang tinggi.

Cara pematrian lunak. Pematrian lunak kebanyakan diselenggarakan melalui pematrian tuas, pematrian api, pematrian rendam (pada pengerjaan beruntun) dan pematrian tahanan. Pada pematrian lunak hanya diterapkan pematrian celah; bidang pematrian terletak membidang saling mendekap; kekuatan melawan

b) Patri untuk pematrian lunak


Patri terpenting untuk pematrian lunak logam-logam berat digolongkan ke dalam kelompok:

(1) Patri lunak timbel-timah dan timah-timbel (dibagi menjadi Ah, Aa, Af).
(2) Patri lunak timah-timbel dengan imbuhan tembaga atau perak.
(3) Patri lunak istimewa.

Beberapa contoh:

L — Sn 63 Pb ( patri timah-timbel bebas antimonium), titik lebur …183°C.

L — Sn 63 Pb Ag ( patri timah-timbel dengan imbuhan perak), titik lebur... 178°C.

Bentuk pengiriman: blok patri, batang patri, benang patri, kawat patri, sabuk patri dan selaput patri. Titik lebur patri lunak bergantung pada susunan campurannya dan prosentasi kandungan logam campuran.

c) Bahan Pelumer Pematrian Lunak Logam Berat


Menurut DIN 8511, bahan pelumer untuk pematrian lunak logam berat mempunyai tanda kelompok F — SW (F - .... . bahan pelumer, S... logam berat, W... pematrian lunak):

Bahan pelumer F — SW 1. . . contohnya senyawa Zn Chiorid basah atau Zn-Ammoniumchlorid (air patri). Sisa bahan pelumer menimbulkan karat; mereka harus disingkirkan dengan cermat.

Bahan pelumer F — SW 2 . . . contohnya senyawa Znchlorid- Ammoniumchlorid di dalam pengolahan organis (misalnya Glykol, vaselin atau gemuk). Sisa bahan pelumer mengakibatkan karat pada kondisi tertentu; bila perlu, mereka harus disingkirkan.

Bahan pelumer F — SW3 . . . contohnya damar (yang paling terkenal ialah kolofonium), gemuk patri, stearin, Iemak. Sisa bahan pelumer tidak mengakibatkan karat; mereka boleh dibiarkan pada benda kerja.

Air patri = Zn-chlorid dilarutkan ke dalam air (dengan perbandingan 1: 3. . . 10). Pembuatan Zn-chlorid: asam garam + sampah Zn dilarutkan di dalamnya hingga tencapal keadaan jenuh. Proses kimia: Zn + asam garam = Znchlorid + zat air (menguap).

Perhatikan: Pelarutan harus berlangsung di dalam wadah yang terbuka (misalnya panci yang terbuat dan bahan tembikar) supaya zat air yang terbentuk dapat mengalir ke luar, jika tidak demikian akan ada bahaya ledakan! Setelah digunakan, hendaknya wadah disimpan secara tertutup, kanena akibat penguapan, bahan besi yang berada di sekitarnya dapat mengalami oksidasi (pembentukan karat).


Penggunaan: Untuk hampir segala macam pekerjaan patri; namun ada bahaya oksidasi; terutama digunakan untuk penyoldenan pelat logam putih, nikel, baja, timah, tembaga, kuningan.

Asam garam diencerkan dengan air, yaitu dengan perbandingan 2 bagian asam dan 1 bagian air, bukan sebaliknya Penggunaan: hanya untuk pematrian seng dan pelat yang disepuh sang.

Air patri (yang tidak menyerang) = chlonid seng (˜ 25%) + salmiak (amoniumchlorid 25%) + air (˜ 50%). Penggunaan: untuk hampir segala jenis pekerjaan patri pada logam yang peka terhadap asam (namun tidak berlaku untuk alumunium !.

Bahan pelumer organis: misalnya glykol, gemuk, vaselin, tidak menimbulkan oksidasi.

Pasta patri ialah patri (timah) yang dibubukkan + bahan pelumer. Penggunaan: untuk penyepuhan dengan timah.

Kolofonium, diperoleh dan damar kayu, berbentuk bubuk, bebas asam dan tidak begitu menguraikan oksid. Penggunaan: Oleh karena pengaruh kimia bahan pelumer ini tidak begitu kuat, maka bidang pematrian hanus benar-benar dibersihkan, maka penggunaannya hanya untuk pematrian bagian-bagian mengkilap dan benda kuningan, timah, timbel, tembaga (sebelumnya harus disepuh timah dahulu).

Gemuk patri dan lemak (lemak sapi) + damar (kolofonium) + salmiak + minyak. Penggunaan: untuk jalur sambungan bebas karat, untuk hampir segala macam pekerjaan, tenutama untuk pematrian tembaga di dalam teknik listrik dan mekanika halus. Batang patri ialah pipa timbel tipis yang rongganya diisi kolofonium atau pasta patri. Penggunaan: untuk pematrian timbel di dalam teknik instalasi.

Kawat patri ialah kawat atau batang timah-timbel dengan isian, misalnya kolofonium. Stearin, lemak bebas dan asam, hanya mempunyal sedikit pengaruh melarutkan oksid. Penggunaan: hanya untuk pematrian timbel.

Batu salmiak, bubuk salmiak, digunakan untuk pembersihan dan penyepuhan tuas patri dengan tirnah serta untuk penaburan pada lokasi pematrian.

Bahan pelumer dapat berbentuk cairan, kepingan, pasta atau bubuk dan harus dibubuhkan sebelum pemanasan bidang pematrian (dengan kwas, lap, dan sejenisnya).

Bahan pelumer dapat pula terkandung di dalam rongga patri.

Semua bahan pelumer yang mengandung asam menyerang logam. Karena itu maka untuk mencegah karat, lokasi pen yolderan harus dicuci bersih dan dikeringkan sebelum pematrian.

 

Selengkapnya : Patri / Pematrian

Selengkapnya : PROSEDUR PENGELASAN, PEMATRIAN, PEMOTONGAN DENGAN PANAS DAN PEMANASAN

 

 

 

0 komentar
Share ke Pinterest .





Terkait



.







Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan



Kami

Melayani Desain, Produksi, Pemasangan, dan Perbaikan: