Sambungan menerus balok ke kolom & ke balok : Penggunaan Konstruksi Baja

Penggunaan Konstruksi Baja

 

 Sambungan menerus balok ke kolom

Sambungan menerus balok ke kolom bertujuan untuk memindahkan semua momen dan memperkecil atau meniadakan rotasi batang pada sambungan (jenis sambungan portal kaku). Karena sayap suatu balok memikul hampir seluruh momen lentur melalui gaya tarik dan gaya tekan sayap yang terpisah oleh lengan momen yang kira-kira sama dengan tinggi balok. Karena gaya geser utamanya dipikul oleh badan balok, maka kontinuitas penuh mengharuskan gaya geser dipindahkan langsung dari badan balok.

Konstruksi sambungan menerus balok ke kolom dapat diletakan ke sayap kolom dengan menggunakan sambungan las (Gambar) atau dengan sambungan baut (Gambar). Selain itu sambungan kolom juga dapat diletakan ke badan kolom seperti pada Gambar. Kolom dapat berhubungan secara kaku dengan balok-balok pada kedua sayapnya, seperti pada gambar (a), (b) dan (c), atau yang hanya disambungkan pada satu sayap seperti pada gambar (d).

 

Sambungan menerus balok dengan baut ke sayap kolom



Sambungan menerus balok yang dilas ke sayap kolom


 Sambungan menerus balok ke balok

Bila sambungan balok bertemu secara tegak lurus dengan balok atau gelagar lain, balok dapat disambungkan ke badan gelagar dengan sambungan balok sederhana atau dengan gabungan dudukan dan sambungan balok sederhana. Untuk balok menerus dengan kontinuitas yang akan dipertahankan, sambungan harus memiliki derajat kekakuan yang lebih tinggi. Tujuan sambungan balok ke balok adalah untuk menyalurkan gaya tarik pada salah satu sayap balok ke balok lain yang bertemu pada sisi badan balok atau gelagar yang lain. Sambungan ini dibedakan atas: sambungan dengan sayap-sayap tarik yang bertemu tidak disambung secara kaku (gambar) dan sambungan dengan sayap-sayap yang bertemu dan disambungkan secara kaku (gambar)

Sambungan menerus balok ke balok dengan sayap yang tidak disambung secara kaku     

Sambungan menerus balok ke balok dengan sayap yang disambung secara kaku

Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

..


.

1 komentar
Share ke Pinterest .





Terkait



  1. jasa desain, fabrikasi perakitan, erection pemasangan konstruksi baja

    BalasHapus

Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan



Kami

Melayani Desain, Produksi, Pemasangan, dan Perbaikan: