RANGKUMAN BAHAYA PENGELASAN DAN PENCEGAHANNYA

Jasa Pembuatan Pagar Sidoarjo
RANGKUMAN BAHAYA PENGELASAN DAN PENCEGAHANNYA
1. Bahaya pengelasan dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek antara lain :
a) Manusia sebagai pelaku pengelasan
b) Mesin sebagai media perantara
c) Lingkungan sebagai faktor pendukung
d) Alat / kelengkapan pengelasan sebagai faktor penunjang
2. Bahaya pengelasan terjadi dikarenakan adanya sumber energi panas dan nyala api gas yang bertemperatur tinggi.
3. Keadaan ketika terjadi kejutan listrik bergantung pada :
􀂃 Nilai arus listrik yang mengalir ke dalam tubuh manusia
􀂃 Jalur arus listrik yang mengalir ke dalam tubuh manusia
􀂃 Jenis-jenis sumber tenaga listrik (AC atau DC)
4. Sebab-sebab utama terjadinya kejutan listrik adalah 􀁣 Karena perlu menyalakan kembali dan menjaga kestabilan busur las maka tegangan listrik AC pada mesin las busur listrik harus dijaga agar tetap tinggi, 􀁤 Isolasi yang tidak efektif karena adanya kerusakan pada pembungkus kabel las, 􀁥 Isolasi yang tidak efektif dari mesin las busur listrik dan terbukanya bidang pengisian pada terminal penghubung kabel mesin las, 􀁦 Isolasi yang tidak efektif pada  agang batang las, 􀁧 Pengelasan busur listrik pada lokasi yang dikelilingi oleh material konduksi.
5. Cara-cara untuk mencegah kejutan listrik selama pengelasan dengan busur listrik :
􀂃 Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti pakaian kerja yang kering, sarung tangan kulit yang kering dan sepatu karet yang seluruhnya terisolasi.
􀂃 Memastikan mesin las busur listrik AC harus memiliki alat penurun tegangan otomatis, sedangkan mesin las busur listrik DC tegangannya harus relatif rendah.
􀂃 Memastikan tidak adanya kebocoran arus listrik.
6. Apabila seorang pekerja mengalami kejutan listrik, maka matikanlah sumber tenaga listrik sesegera mungin dan panggillah dokter atau ambulan. Jangan pernah mencoba mengangkat korban, karena Anda pun dapat terkena kejutan listrik 7. Sinar yang ada pada las busur listrik kebanyakan adalah sinar ultraviolet, sedangkan nyala api las memancarkan sinar infrared.
Sinar ultraviolet dan sinar infrared menimbulkan kerusakan pada mata
8. Alat – alat pelindung dari sinar yang berbahaya antara lain :
􀂃 Kaus tangan, masker pelindung wajah sejenis helm dan kaca mata pelindung dengan plat-plat baja anti-cahaya
􀂃 Layar pelindung cahaya
􀂃 Pakaian kerja lengan panjang dan menutupi leher
􀂃 Pekerja harus merawat kedua matanya dengan meneteskan obat tetes mata dan menggunakan kompres pendingin
9. Jika sejumlah besar volume asap las diisap, maka gejala penyakit akut yang disebut “demam logam” dapat terjangkit, ditandai dengan sakit kepala, demam, menggigil, dan kelelahan yang terjadi dalam waktu singkat. Gejala-gejala ini terlihat apabila digunakan batang elektrode las hidrogen rendah. Walaupun demikian, ini hanyalah gejala penyakit sesaat, dan pasien akan pulih kembali kesehatannya setelah beberapa jam. Namun apabila asap las itu diisap dalam waktu lama, maka partikel-partikel murni akan terakumulasi di dalam paru-paru dan dapat menyebabkan kondisi kronis yang disebut “pneumokoniosis” (radang paru-paru).
10. Seorang juru las harus memahami risiko-risiko sinar busur las listrik,  asap dan gas las, letupan atau percikan las; memakai perlengkapan pencegahan dan keamanan; dan memastikan bahwa fasilitas dan lingkungannya sudah sesuai sebelum mulai melakukan pengelasan.

Selengkapnya tentang Kemajuan Teknologi Pengelasan dan tentang Pengertian Ilmu Logam dan Macam klik disini
2 komentar
Share ke Pinterest .


  1. Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
    Desa

    Banjarkemantran Banjarsari Buduran Damarsi Dukuhtengah Entalsewu Pagerwojo Prasung Sawohan Sidokerto Sidomulyo Sidokepung Siwalanpanji Sukorejo Wadungasin

    BalasHapus
  2. Candi, Sidoarjo
    Loncat ke navigasi
    Loncat ke pencarian
    Candi
    Kecamatan
    Negara Indonesia
    Provinsi Jawa Timur
    Kabupaten Sidoarjo
    Pemerintahan
    • Camat Drs. Pujoseno
    Luas 40,67
    Jumlah penduduk 162.057 (2017) Sunting ini di Wikidata
    Kepadatan - jiwa/km²
    Desa/kelurahan -

    Candi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Sidoarjo di sebelah utara, Selat Madura di sisi timur, Kecamatan Tanggulangin di selatan, dan dengan Kecamatan Tulangan di sebelah barat.

    Kecamatan Candi terdiri dari beberapa desa, yaitu: Sepande, Sumokali, Tenggulunan,sugihwaras,kedungkendo,Larangan, Sidodadi, Jambangan, Gelam, Bligo, Karangtanjung, Sumorame, Balongdowo, Balonggabus, Wedoroklurak, Klurak, Kebonsari, Sidodadi, Durung Bedug, Durung Banjar, Ngampelsari, Kalipecabean, Kendalpecabean dan Kedungpeluk.

    BalasHapus